5 Alasan Harus Menggunakan Markdown

Markdown merupakan cara terbaik untuk menulis konten web menggunakan teks biasa. Markdown membuat teks biasa dapat dibaca tanpa tag namun tetap menambahkan pengubahan teks menjadi format seperti cetak tebal, miring dan lain-lain. Makdown digunakan untuk melakukan konversi teks ke dalam bentuk HTML.

Contoh penulisan format cetak tebal menggunakan markdown

**Contoh cetak tebal**

Hasilnya : Contoh cetak tebal

Coba bandingkan dengan format di HTML

<b>Contoh cetak tebal</b>

Hasilnya : Contoh cetak tebal

Dari contoh kedua penulisan diatas akan menghasilkan output yang sama tetapi hanya berbeda cara di penulisan saja.

Di artikel sebelumnya sudah membahas sekilas tentang apa itu markdown dan sintak dasar penggunaan markdown.

5 Alasan Menggunakan Markdown

Mudah dipelajari dan digunakan

Markdown sangat mudah dipelajari karena tidak berbeda jauh dengan cara menulis di HTML.

Baca Juga : Belajar Sintaks Dasar Menulis Markdown Untuk Pemula

Menulis markdown selalu lebih cepat dibandingkan menulis HTML. Perbedaan terlihat ketika menulis sintaks list antara menggunakan list markdown dan list HTML.

Untuk membuat list seperti dibawah ini

  • PHP
  • HTML
  • CSS
  • MySQL

Disini akan terlihat jelas perbedaan dari keefektifan cara penulisannya.

Cara pembuatan List di HTML

<ul>
    <li>PHP</li>
    <li>HTML</li>
    <li>CSS</li>
    <li>MySQL</li>
</ul>

Cara pembuatan List di Markdown

- PHP
- HTML
- CSS
- MySQL

Jadi, mana yang lebih simple ?

Markdown jauh lebih mudah dibaca daripada membaca HTML, sehingga banyak digunakan untuk membuat file readme terutama di github.

Mudah dikonversi ke HTML

Markdown sangat mudah digunakan untuk mengkonversi teks ke HTML. Jika hanya membutuhkan format teks HTML biasa maka lebih baik menggunakan markdown. Akan tetapi apabila membutuhkan format HTML yang lebih kompleks, maka di dalam file markdown bisa juga ditambahkan sintak HTML didalamnya. Jadi kamu bisa menggunakan format HTML dan markdown bersamaan didalam file markdown.

Digunakan dimana saja

Markdown mudah digunakan dimana saja dengan membuat file berekstensi .md (markdown). Markdown bisa dibuka menggunakan teks editor apapun seperti notepad, notepad++, teks editor nano di linux atau teks editor yang lain seperti Sublime, atom, Visual Studio Code, dan lain-lain. Dengan menggunakan teks editor dapat dengan mudah digunakan untuk membuat file markdown. Markdown sangat banyak ditemukan di berbagai situs koding terkenal seperti Github.

Cepat

Format yang sederhana menghemat banyak waktu dibandingkan menggunakan tag HTML. Menggunakan format ini seringkali lebih cepat daripada menggunakan editor pengolah kata WYSIWYG.

Bersih

Penulisan kode yang bersih tanpa harus membuat tag pembuka dan penutup, dan juga tidak ada tag bersarang. Penulisan dengan format ini terlihat lebih bersih sehingga enak dilihat dan dibaca.

Penutup

Belajar Markdown memberi banyak keuntungan dan tidak selalu terpaku dengan HTML. Itulah 5 alasan menggunakan markdown dalam membuat konten web.

Selamat mencoba markdown.