Skill seorang programmer - Untuk menjadi seorang programmer dibutuhkan beberapa keahlian agar dapat menyelesaikan masalah yang ada dalam dunia pemrograman. Seorang programmer dituntut untuk memiliki keahlian atau skill untuk memudahkan pekerjaan didepan desktop atau laptop.

Sekarang, kita akan membahas tentang apa saja sih yang skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang programmer.

7 skill yang diperlukan oleh programmer

Hal-hal apa saja yang diperlukan oleh seorang programmer:

1. Niat

Sebelum terjun dalam suatu bidang apapun itu, kita harus punya jiwa dalam menyukai dunia tersebut. Seorang programmer tentu harus menyukai dunia pemrograman ataupun yang berkaitan dengan teknologi informasi baik hardware maupun software. Untuk itu hal pertama yang harus dimiliki yaitu niat dan kemauan yang kuat untuk belajar apapun itu tentang dunia pemrograman.

Kebanyakan orang yang ingin menjadi seorang programmer, tetapi tidak mempunyai passion dalam hal pemrograman tentu akan membuat bosan pada akhirnya dan lebih mudah menyerah ketika menemukan masalah. Niat termasuk salah satu yang hal yang wajib dimiliki seorang programmer.

2. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib kamu kuasai dalam dunia pemrograman. Menguasai bahasa inggris memang bukanlah suatu keharusan, akan tetapi kamu tidak cukup menguasai bahasa indonesia saja karena hampir semua orang mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa kedua agar bisa terhubung dengan semua orang didunia.

Kenapa bahasa inggris?

Karena hampir semua bahasa pemrograman menggunakan bahasa inggris, untuk itulah bahasa inggris menjadi salah satu keahlian yang wajib dimiliki seorang programmer. Dengan menguasai bahasa inggris walaupun dasar, itu cukup untuk membantu kamu menguasai bahasa pemrograman apapun. Hampir semua bahasa pemrograman dibuat dan menggunakan bahasa inggris agar mudah dimengerti dan digunakan oleh programmer di seluruh dunia.

3. Bahasa Pemrograman

Selain bahasa inggris, kamu juga harus menguasai minimal salah satu bahasa pemrograman yang harus dikuasai. Sebelumnya tentukan apa yang ingin kamu pelajari terlebih dahulu, kemudian tentukan bahasa pemrograman yang sesuai dengan keinginan kamu. Apakah ingin membuat aplikasi desktop, web, atau mobile?

Contoh bahasa pemrograman

desktop : java, VB.Net, Phyton dll.

web : PHP, Javascript (React, Vue JS, Node JS), Phyton, Ruby, dll.

mobile : Java (android), Kotlin, Swift (ios), React Native, Flutter, dll.

Apakah harus menguasai semua bahasa pemrograman ?

Tentu saja tidak, kamu cukup mempelajari bahasa pemrograman yang sesuai dengan aplikasi yang ingin kamu buat.

Tidak semua orang menguasai semua bahasa pemrograman, tetapi mendalami salah satu bahasa itu lebih baik menjadikan kamu lebih ahli dalam bahasa tersebut. Tidak dipungkiri juga perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat kamu harus bisa beradaptasi dengan mempelajari bahasa pemrograman baru yang selalu bermunculan sesuai perkembangan.

4. Membaca Dokumentasi

Kesalahan kecil yang sering dilakukan adalah kurangnya membaca, salah satunya adalah membaca dokumentasi. Kenapa membaca dokumentasi menjadi salah satu keahlian seorang programmer karena setiap bahasa pemrograman itu memiliki dokumentasi lengkap yang disediakan dalam bahasa inggris. Jadi, kamu cukup rajin membaca dokumentasinya terlebih dahulu sebelum bertanya di internet maupun di forum diskusi.

5. Membaca Source Code

Selain menulis koding, kamu juga harus bisa membaca source code. Ketikan kamu belajar bahasa pemrograman cobalah untuk mengerti bagaimana harus menulis source code dan mengetahui cara membacanya. Membaca source code juga merupakan salah satu hal yang diperlukan seorang programmer karena kadang mengerjakan suatu projek dilakukan secara individu maupun tim.

Ketika membuat projek secara berkelompok dengan tim, maka kemampuan ini menjadi penting karena kita dituntut untuk dapat membaca source code yang ditulis oleh anggota tim lain.

6. Mencari dan Mengatasi Error

Ketika terjadi masalah eror dalam program yang dibuat, maka kita harus bisa mencari dimana letak eror dan kemudian memikirkan bagaimana cara mengatasinya. Semakin terbiasa mencari eror maka semakin cepat juga untuk mengatasi eror tersebut.

Poin pentingnya adalah memahami maksud pesan error dan masalah lainnya dengan mencari dibaris mana letak errornya, menganalisa penyebabnya dan kemudian mengatasai error tersebut.

7. Googling

Keahlian lain yang diperlukan programmer adalah kemampuan untuk mencari solusi dari masalahnya dengan browsing melalui internet. Salah satu yang sering dilakukan programmer ketika menemui jalan buntu adalah browsing artikel untuk mengatasi eror maupun mencari referensi di internet. Googling merupakan solusi penting ketika kamu tidak tahu saat mengalami error dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Apabila proses pencarian tidak ditemukan, kamu dapat bertanya di forum-forum diskusi di internet maupun di grup media sosial.

Penutup

Pemaparan diatas mengenai 7 Skill yang diperlukan seorang programmer hanya sebagian kecil dari yang diperlukan oleh seorang programmer. Semoga bermanfaat dan menjadikan nilai tambah kemampuan untuk menjadi seorang programmer.