Langkah pertama yang dilakukan untuk memulai membuat website adalah dengan cara mempelajari HTML. Belajar HTML dari dasar merupakan cara terbaik untuk digunakan membuat sebuah website.

Apa itu HTML

Kepanjangan dari HTML yaitu Hypertext Markup Language. HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman melainkan Markup Language yang digunakan dengan tanda yang dikenal dengan HTML tag. File HTML ditampilkan melalui browser dan digunakan oleh para programmer untuk membuat tampilan sebuah web. HTML menjadi bahasa dasar yang harus dipelajari apabila ingin menjadi seorang web developer yang dapat digabungkan dengan css dan javascript apabila ingin memiliki tampilan yang lebih baik.

Pada HTML tidak ditemukan struktur bahasa pemrograman seperti if, looping (perulangan) maka tidak disebut sebagai bahasa pemrograman. Untuk membuat file HTML diperlukan text editor dan web browser sebagai tampilannya. Text editor yang bisa digunakan seperti notepad, notepad++, sublime text, visual studio code, dll. Kode HTML yang telah dibuat akan ditampilkan oleh web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dll.

Struktur HTML

HTML memiliki struktur dasar yang harus dibuat agar dapat dijalankan oleh web browser. Berikut ini contoh penulisannya.

    <!DOCTYPE html>
    <html>
    <head>
        <title>
            Halaman Judul
        </title>
    </head>
    <body>
    Ini contoh text.
    </body>
    </html>

Penjelasan

<!DOCTYPE html> digunakan untuk mendeklarasikan dokumen berupa HTML 5
<html>          digunakan pada setiap awal kode HTML
<head>          elemen yang berisi informasi dokumen, pada bagian head ini bisa berisi judul, atau berupa informasi meta
<title>         digunakan untuk menampilkan judul dokumen
<body>          digunakan untuk menampilkan konten halaman yang dapat dilihat di browser


Penulisan HTML selalu menggunakan opening tag dan diakhiri dengan closing tag. File extension yaitu .html jadi penulisan nama filenya adalah nama-file.html