Hugo - Static Site Generator Blog

Apa Itu Hugo ?

Hugo adalah salah satu generator web statis (Static Site Generator).

Static Site Generator berbeda dengan Content Management System (CMS) karena tidak membutuhkan database dalam membuat sebuah web atau blog.

HUGO mungkin terdengar lebih asing dibandingkan mesin pembuat blog seperti wordpress, blogger, dll. Proses loading yang lebih cepat dengan menggunakan Static Site Generator lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan Content Management System. Tetapi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Salah satu keunggulan dari Hugo ini adalah karena proses kecepatan loadingnya juga cukup cepat. Silahkan cek dengan mengetikkan kata penakode.com di google atau kunjungi https://penakode.com dengan klik disini dan lihat hasilnya seberapa cepat website dapat diakses.

Untuk menggunakan CMS seperti wordpress dan blogger memang tidak membutuhkan dasar pemrograman sama sekali karena siapapun dapat memiliki sebuh blog atau web dari mesin blog tersebut. Dengan menggunakan HUGO, kita tidak perlu menggunakan sistem database seperti web yang dibuat menggunakan PHP sebagai backend dan MySQL sebagai databasenya. HUGO akan membuat konten berbentuk HTML biasa tanpa melakukan akses ke database.

Hugo mendukung HTML, CSS dan Javascript sehingga untuk yang sudah terbiasa dengan HTML akan lebih mudah ketika menggunakan hugo. Selain kelebihan tersebut, namun tetap saja memiliki kekurangan karena bersifat statis dan tidak bisa digunakan untuk konten yang dinamis.

Bahasa Pemrograman HUGO

Hugo menggunakan bahasa pemrograman GO atau Golang. Tidak bisa menggunakan bahasa GO bukanlah sebuah masalah apabila ingin menggunakan Hugo. Karena hugo mudah untuk dipelajari dan tidak sulit seperti yang dipikirkan. Selain menggunakan HTML, CSS dan Javascript, Hugo juga mendukung penulisan dengan menggunakan markdown.

Baca Juga: Belajar Markdown

Hugo dapat digunakan di sistem operasi Windows, Linux maupun Mac. Selain installasi yang mudah, Hugo menyediakan ratusan tema yang dapat digunakan secara gratis.

Berikut ini contoh tema-tema yang dapat digunakan

tema-hugo

Jika kamu ingin menggunakan tema, silahkan sesuaikan konfigurasinya ya agar tema dapat terbaca dengan baik di hugo. Apabila tema tersebut tidak sesuai keinginan kamu, dan ingin membuat tema sendiri juga bisa apabila kamu menguasai HTML, CSS dan Javascript.

Untuk memulai Hugo, kamu harus terbiasa menggunakan command line atau teks editor supaya lebih mudah dalam membuat blog dengan hugo. Kemampuan dengan menggunakan git juga menjadi nilai tambah yang akan mempermudah dalam men-deploy hugo ke hosting.

Penasaran dengan Hugo? Langsung aja belajar mengenal generator pembuat blog statis dengan mengunjungi web resminya di https://gohugo.io

Itulah sekilas tentang HUGO, dan selanjutnya kita akan berbagi tentang Tutorial membuat blog dengan Hugo.