penakode.com - Menjadi seorang programmer handal yang profesional tidaklah semudah membalik telapak tangan. Tidak ada jalan mudah untuk mencapai sukses, begitu pula menjadi seorang programmer tidak terjadi secara instan begitu saja. Butuh perjuangan dan banyak belajar dari dasar untuk mengasah kemampuan untuk menjadi programmer handal.

Banyak cara yang dilakukan untuk mewujudkannya, akan tetapi seorang pemula tidak boleh menyerah begitu saja. Belajar pemrograman tidak bisa dikatakan mudah atau susah, karena semua itu tergantung dari masing-masing individu. Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda dan memiliki kemampuan yang tidak sama. Ada yang cepat mengerti dan ada pula yang butuh proses sedikit lama untuk mengerti. Yang perlu diingat adalah ketika keinginan yang besar untuk belajar akan menghasilkan sesuatu yang besar.

Tips menjadi programmer pemula

Konsisten

Selain memiliki niat yang kuat untuk belajar, maka dibutuhkan konsistensi dalam belajar. Biasanya pemula lebih cepat bosan ketika diawal apabila menghadapi masalah dalam belajar. Kuatkan tekad dan semangat untuk belajar, nikmati proses belajar dari tahap yang dasar kemudian tingkatkan level sedikit demi sedikit.

“Bisa karena terbiasa”, ya itulah yang harus dilakukan seorang pemula dengan membiasakan belajar karena banyak orang diluar sana yang merasakan hal yang sama. Selalu ada jalan keluar disetiap masalah, jadi harus tetap konsisten siapkan waktu untuk belajar. Semangati diri ketika sedang turun semangat belajarnya.

Mulai Belajar

Mulailah belajar, jangan terlalu banyak berfikir. Apa yang ingin kamu pelajari saat menjadi programmer, tentukan tujuan dan kemudian mulai jangan tunggu lagi. Mulailah menentukan bahasa pemrograman yang ingin dikuasai. Fokus dan pelajari satu bahasa pemrograman dahulu, jangan memikirkan untuk menguasai seluruh bahasa pemrograman. Seorang yang dikatakan ahli atau “spesialis” itu menguasai satu bidang yang mendalam dibidangnya bukan hanya sekedar hal-hal umum yang juga dikuasai orang saja. Jadi mulai belajar dan tentukan bahasa apa yang ingin kamu pelajari.

Awali dengan program sederhana

Setelah menentukan bahasa pemrograman yang ingin digunakan. Cobalah baca referensi dan mulailah membuat program sederhana. Mulai membuat program sederhana dan membuat latihan logika dasar. Mulai melatih logika dasar, karena semua bahasa pemrograman bisa cepat dipelajari ketika kamu menguasai logika dari satu bahasa pemrograman hanya beda dari cara penulisannya saja. Belajarlah logika dasar seperti perulangan, if, dll.

Bergabung di komunitas

Tidak cukup belajar saja, kamu perlu bergabung dengan teman-teman komunitas. Disitu akan ada banyak teman yang bisa diajak berdiskusi tentang masalah ataupun error. Dengan bergabung di komunitas, kamu akan menemukan berbagai cara berbeda dari orang-orang yang ada di grup dalam menyelesaikan masalah. Banyak teman baru dan bisa saling membantu ketika menghadapi masalah.

Selamat mencoba.